Jumat, 29 Oktober 2010

Materi 4 fiswan: Fisiologi Endokrin


Yang di sebut dengan Endokrin yaitu cabang ilmu biologi yang membahas tentang hormon dan aktivitasnya. Hormon satu dari sistem komunikasi utama dalam tubuh meskipun kadarnya hanya dalam jumlah yang sangat kecil namun dapat menjalankan atau menghentikan proses-proses metabolik. Hormon merupakan  senyawa kimia yang ada dalam darah dengan kadar yang sangat rendah fungsinya pengatur metabolisme jaringan dan disekresi langsung oleh sel khusus yang di namakan kelenjar endokrin. Adapun cara kerja system syaraf adalah transmisi elektrik dan waktu respons cepat, sedangkan cara kerja system endokrin adalah transmisi kimia dan waktu respons lambat.
Klasifikasi hormone berdasarkan fungsi adalah
1.      hormon perkembangan, Hormon yang memegang peranan di dalam perkembangan, pertumbuhan, dan reproduksi.
2.      hormon metabolisme, Hormon yang mempunyai peranan dalam proses metabolisme.
3.      hormon trofik, Hormon yang dihasilkan oleh suatu sistem yang merangsang kelenjar endokrin untuk menghasilkan hormon
4.      hormon pengatur metabolisme mineral dan air, Hormon yang mengatur homeostatik mineral dan konservasi air tubuh.
5.      hormon pengatur sistem kardiovaskuler, Hormon yang mengatur aktivitas konduksi dan kontraksi jantung.
Reseptor Sitosolik  adalah Reseptor hormon yang terdapat dalam sitoplasma sel sasaran dan digunakan oleh hormon steroid dan hormon turunan asam amino. Hipotalamus merupakan bagian dari otak yang tumbuh dan berkembang dari tabung neural yang berperan dalam mempertemukan sistem saraf dan endokrin serta berfungsi mengendalikan kelenjar pituitari.
komponen penyusun organ endokrin adalah sel neurosekretori dan sel  endokrin sejati berfungsi sejati sebagai penghasil hormon. Berdasarkan kimia klasifikasi hormone adalah
1.       hormon protein jumlah asam aminonya bervariasi tergantung pada spesies dan terdiri atas polimer asam amino dan tidak larut dalam lemak.
2.      hormon steroid dihasilkan dari metabolisme dan proses konversi kolesterol yang mengandung 27 atom karbon (C-27) dan larut dalam lemak.
3.      hormon asam amino berasal dari asam amino yang mengalami modifikasi.
4.      zat kimia yang menyerupai hormon. zat kimia yang menyerupai hormon antara lain : bradikinin, eritropuitin, hormon thymic, dan feromon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar