Jumat, 29 Oktober 2010

Materi 6 fiswan: Fisiologi Sirkulasi


Pada protozoa bersilia sirkulasi cairan tubuhnya dengan khoanosit, pada Coelenterata  Sistem sirkulasinya melalui saluran khusus pada sistem gastrovaskuler , pada molusca Sirkulasi cairan tubuhnya tergantung gerakan silia ,pada vertebrata Silia pada saluran nafas berguna untuk mengeluarkan partikel zat (debu atau makanan).
Fungsi sirkulasi adalah Menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh akan sari makanan dan oksigen, Menjamin pembuangan zat sisa metabolisme dari tubuh dengan segera, Berperan penting dalam penyebaran panas tubuh, Menyebarkan tekanan/kekuatan. Sistem sirkulasi pada hewan bervariasi tergantung pada perkembangan tubub hewan, pada hewan tingkat rendah sederhana sedangkan pada hewan tingkat tinggi system sirkulasinya lebih lengkap.
Sistem sir kulasi terdiri atas 3 komponen yaitu;
a.         Jantung merupakan komponen penyusun sistem sirkulasi yang berfungsi sebagai pompa penggerak cairan tubuh di sepanjang pembuluh. dua jenis jantung yaitu Jantung Tubuler/Vaskuler dan Jantung Berongga.
b.        Pembuluh merupakan Saluran yang akan dilewati/dilalui oleh cairan yang beredar ke seluruh tubuh, ada dua yaitu pembuluh darah dan pembuluh limfe.
c.         cairan tubuh
Hewan multiseluler 70% tubuhnya terdiri dari cairan, dimna 45% cairan intrasel dan 25% merupakan cairan ekstrasel.
Sistem sirkulasi pada hewan ada 2 yaitu system sirkulasi terbuka contonya molusca dan tertutup contohnya vertebrata.
Fungsi umum darah adalah mempertahankan kondisi lingkungan dalam keadaan relatif konstan, yang mana mekanismenya disebut Homeostatik. Sedangkan Fungsi khusus darah adalah Mensuplai zat-zat makanan dari saluran pencernaan ke jaringan-jaringan, Mensuplai oksigen dari paru-paru ke jaringan-jaringan, Membawa dan membuang zat-zat yang tidak berguna dari jaringan-jaringan ke organ-organ ekskresi, Mendistribusikan sekresi kelenjar endokrin dan zat lain yang mengatur fungsi sel, Membantu menyelenggarakan keseimbangan komposisi air dalam berbagai organ tubuh.
cairan dalam pembuluh darah yang beredar ke seluruh tubuh mulai dari jantung dan segera kembali ke jantung. Cairan darah tersusun atas sel darah (terdiri atas leukosit, eritrosit, trombosit) dan plasma darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar