Jumat, 29 Oktober 2010

Materi 5 fiswan: Fisiologi Pencernaan


makanan  akan masuk ke system pencernaan kemudian terjadi proses pencernaan dimana hasil dari proses pencernaan tersebut akan d serap dan di gunakan oleh tubuh hewan yang di sebut homeostatis terjaga. Berdasarkan kemampuannya cara memperoleh makanan ada dua, yaitu heterotrof yakni Kemampuannya untuk mensintesis senyawa organik sangat terbatas dan berusaha memenuhi semua kebutuhannya dari tumbuhan dan hewan lain dan autotrof yang berarti hewan yang dapat mensintesis sendiri berbagai senyawa organik esensial, namun masih memerlukan faktor pertumbuhan yang tidak dapat disintesis sendiri sehingga tetap memerlukan senyawa organik dari sumber lain.
Enzim yang bertanggung jawab dalam pencernaan karbohidrat ialah karbohidrase yang memutuskan ikatan glikosidik dan dihasilkan disakarida, trisakarida, dan polisakarida yang memiliki rantai lebih pendek. Enzim yang berperan penting untuk mencerna protein adalah protease, Protease disekresikan dalam bentuk inaktif (zimogen) untuk menghindari terjadinya self digestion. Pencernaan lipid dimulai pada saat bahan makanan sampai di usus dengan bantuan enzim lipase usus, lipase lambung, dan lipase pancreas.
Glukosa diserap dengan cara difusi dipermudah, sedangkan transpor aktif diperlukan untuk memompakan natrium dari dalam ke luar sel epitel usus agar kondisi homeos. Protein dapat diserap dan masuk ke dalam darah hanya dalam bentuk asam amino sederhana dalam bentuk monopeptida, dipeptida, dan tripeptida tatis tetap terjaga. Lipid tidak pernah tercerna seluruhnya secara sempurna menjadi gliserol dan asam lemak . Hasil pencernaan lipid merupakan campuran trigliserida, digliserida, dan monogliserida, dan lain-lain. Semua bentuk lipid tersebut dapat diserap oleh usus, tetapi molekul yang paling mudah dan paling banyak diserap adalah monogliserida, gliserol, dan asam lemak.
Fungsi organ pencernaan adalah memasukan makanan ke dalam tubuh (ingesti), mengubah bahan makanan kompleks menjadi sederhana (digesti), menyerap hasil pencernaan serta membawanya ke dalam darah (absorpsi), mengeluarkan sisa makanan yang tidak tercerna tidak diserap oleh tubuh (eliminasi). hewan tingkat rendah  tidak ada organ pencernaan dan pencernaannya secara intraseluler terjadi di dalam vakuola makanan, pada hewan tingkat tinggi Makanan dicerna di dalam saluran yang sudah berkembang dengan baik Pencernaan makanan berlangsung di dalam organ gastrointestinal (secara ekstraseluler).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar